Ketahui Penyebab Rasa Mengganjal di Tenggorokan

Ketahui Penyebab Rasa Mengganjal di Tenggorokan

Sebetulnya masalah susah menelan tidak perlu dikhawatirkan bila hanya sesekali terjadi. Kekhawatiran muncul apabila hal ini terjadi terus-terusan, sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter.

Gangguan menelan yang menyebabkan penderita mengalami kesulitan makan dalam dunia medis biasa disebut disfagia. Ada juga istilah yang hampir sama yaitu Odynofagia, bedanya, odynofadia tetap bisa menelan makanan dengan lancar namun terasa sakit.

Disfagia disebabkan oleh masalah pada saraf atau otot di mulut, lidah, tenggorokan, kerongkongan, atau kombinasi dari hal-hal tersebut. Sumber masalah saraf atau otot yang membuat sulit menelan pun ada banyak penyebabnya. Beberapa adalah penyakit kronis yang mendasarinya, seperti stroke, akalasia, ALS, refluks asam lambung (GERD), hingga kanker kerongkongan.


Dikutip dari www.patients.gi.org, proses menelan terdiri atas 4 tahap, yaitu tahap pre-oral stage, oral stage, pharyngeal stage, dan tahap esophageal stage. Bila salah satu tahapan ini gagal, maka seseorang akan mengalami gangguan menelan. Penyebabnya berbeda-beda pada tiap usia penderitanya.

Pada usia dewasa, disfagia berhubungan dengan berbagai macam jenis penyakit. Beberapa faktor penyebab disfagia pada orang dewasa adalah stroke, cedera otak dan tulang belakang, kelainan sistem saraf seperti parkinson, dan kanker. Jika tidak ditangani dengan baik, penyakit disfagia dapat menyebabkan malnutrisi.
Next Post Previous Post
1 Comments
  • Himawan Sant
    Himawan Sant March 5, 2019 at 8:49 PM

    Kalau di Jawa-Tengah, kesulitan menelan seperti ini cara mengobatinya bisa dibilang unik, kak ...
    Nasi panas dibentuk kepalan atau bulatan lalu ditelan langsung :).
    Dan itu betulan membantu mempercepat penyembuhan karena aku pernah mencobanya.

Add Comment
comment url